Jumat, 27 Juni 2014

Asrama Khadijah Inside : Halaman Depan


Tampak disini adalah kantor ibu asrama tempat menerima tamu dan official asrama di pagi hari. Ibu asrama berkumpul disini setiap pagi sebagai piket rutin harian. Bila tak ada tamu atau acara tahlilan rutin, bu asrama biasanya ngemil dan wiridan disini sambil mengecek data-data atau berkas asrama. Dulunya kamar yang digunakan piket harian ibu asrama ini adalah kamar 12B yang dipergunakan untuk anak asrama kelas 3 SMP atau SMA.

Ssstt... jangan rame.
Hari ini ada acara tahlilan ibu asrama dan muslimat nih...


Banyak yang telah berubah, termasuk status Asrama Khadijah sendiri. Dulunya tempat ini dinamai Asrama Putri Khadijah yang dihuni oleh gadis-gadis elit dari seluruh penjuru nusantara untuk menimba ilmu agama di TPP Khadijah. Namun kini telah berganti status menjadi Pondok Pesantren Putri NU Khadijah, yang memberikan pendidikan agama yang lebih mendalam dengan ditambahkannya diniyah untuk para penghuninya.

Gedung asrama yang kini berwarna pirus ini cukup kuno, yang dibangun pada tahun 1958 dan diresmikan tahun 1959 tanggal 22 Juni. Apa Surabaya Tempo Dulu tidak ingin meliputnya?

Ini adalah gerbang yang dulunya digunakan untuk pintu masuk asrama, namun kini lebih sering ditutup dan hanya dibuka bila ada event-event tertentu.





Halaman ini dulunya memiliki ayunan di era 90an, tapi kini ayunannya telah rusak dan digusur entah kemana. Dulunya, di era 70an, halaman ini adalah taman yang asri, yang digunakan penghuni asrama untuk bersenda gurau, berfoto atau sekedar thenguk-thenguk merindukan rumah.


Kini halaman ini hanyalah lahan berpafing yang digunakan untuk parkir mobil wali murid bila acara pembagian rapor tiba atau parkir untuk para ibu-ibu muslimat bila sedang diadakan acara di gedung muslimat.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More