Sabtu, 31 Mei 2014

Asrama Khadija Inside : Kamar Inside


Kamar dalam gambar adalah salah satu kamar di lantai atas yang diperuntukkan untuk anak-anak kelas 1 dan 2 SMP dan SMA, yang mungkin kini disebut kelas 7,8 SMP dan 10,11 SMA. Kamar-kamar ini kini sudah dilengkapi dengan colokan listrik di tiap kamarnya, sehingga setiap anak kini tidak perlu naik-turun tangga ke bawah hanya untuk mencari sumber daya listrik seperti yang sudah terjadi selama 50 tahun asrama khadijah beroperasi.


Kini dengan tuntutan kemajuan zaman, setiap anak bisa membawa laptop untuk mengerjakan pekerjaan rumahnya, menyetrika pakaian-pakaiannya dan mengisi baterai ponselnya di dalam kamar. Tidak seperti dulu yang sangat menderita selama hidup bertahun-tahun di asrama di dalam kamar tanpa colokan listrik.



Kamar anak asrama mungkin tergantung tiap penghuninya, dimana mereka mungkin ingin menghiasi kamarnya sendiri-sendiri sesuai keinginannya, untuk menciptakan suasana nyaman. Setelah ditemukannya inovasi karpet evamat yang ringan dan praktis, kamar anak asrama kini rupanya juga menggunakannya seperti tampak dalam gambar.


Dulunya, kasur tingkat yang menjadi kasur penghuni asrama ini diisi penuh oleh anak asrama. Jadi setiap kamar berisi delapan atau sepuluh anak sehingga kasur atas terisi penuh, bukan diisi dengan ombrok-ombrokan seperti ini. Meski sudah tertulis dalam aturan asrama yang melarang meletakkan barang-barang dalam kasur atas, namun karena kosong dan tidak ada tempat lagi, mau diletakkan dimana lagi semua barang itu kalau bu8kan di atap??? Hayo hayo.......


Kamar juga mencerminkan penghuninya. Entah memang modelnya anak yang rapi, atau anak yang malas, atau anak yang terlalu sibuk di sekolah sehingga tidak sempat merapikan ‘wilayahnya’. Kadang memang, setiap hari setiap subuh anak asrama selalu berjamaah dan dilanjutkan mengaji quran. Setelah itu sarapan. Dengan banyaknya anak asrama, dan kamar mandi yang jumlahnya terbatas dan terbatas yang bisa digunakan, sehingga antrian pun menjadi semakin panjang. Anak asrama harus pintar-pintar mengatur waktu supaya sempat mengantri, mandi, makan dan tetap tidak terlambat tiba di sekolah.


1 komentar:

Itu kayak'e ada yg kamarku deh.. tp pict yg d share kamar anak" jaman sekarang. Wes heboh.. full colour.. 😉

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More