Rabu, 16 April 2014

Asrama Khadijah Inside - Hall Asrama


Ini adalah Hall Asrama. Sebenarnya ini bukanlah Hall, namun ruang terbuka yang ada di tengah-tengah asrama. Terdapat taman dan kolam ikan yang sedikit menghiasi bagian pusat asrama ini.

Taman yang disampingnya arena cuci baju

Disinilah semua tempat terhubung. Mulai Ruang Belajar yang tepat berada di depan papan tulisan ini, Tangga utama yang tepat berada di balik tembok tempat papan nama ini menempel, Ruang Makan dan Dapur, Taman Kolam kecil, tempat Cuci Baju, kompleks kamar kelas senior SMP dan SMA, Ruang Absen, kamar mandi utama dan pintu besi.



Hampir bisa dibilang, semua anak asrama akan melewati tempat ini setiap hari. Entah saat berangkat sekolah ketika absen tanda-tangan berangkat sekolah, mapun saat pulang ketika kembali absen. Selain itu saat berangkat shalat berjamaah menuju Musholla asrama, belajar di Ruang Belajar, maupun saat mengambil makan pagi, siang, dan malam.

Biasanya muncul angin puting beliung kecil disini, lucu sekali


Ruang terbuka di tengah ini memiliki keunikan. Selain berada tepat di tengah asrama dan dua bangunan tinggi, tempat ini kadang dilalui angin kecil yang tak jarang menimbulkan angin puting beliung kecil. Kita bisa saksikan angin kecil itu muncul saat daun-daun kering berserakan terbawa pusaran angin kecil. Biasanya fenomena ini terjadi di siang hari. Bahkan meski sdh berkali-kali pusaran angin itu dicoba untuk diobrak-abrik oleh anak asrama, tetap saja muncul lagi. Pusaran angin kecil itu memberi kesejukan, terlihat indah sekali.


Tunggulah kadang akan muncul angin lesus kecil

Di Hall ini selain ada apapan nama baru asrama yang menunjukkan transformasinya sebagai pondok pesantren putri Khadijah, juga terdapat papan pengumuman yang mengumumkan berbagai macam pemberitahuan untuk anak asrama. Wajarlah pengumuman ini ditempelkan disini karena memang tempat ini adalah lokasi paling strategis yang ada di asrama.



Selain itu di samping ruang belajar, ada sebuah lorong berpintu besi yang dulunya merupakan pintu masuk asrama. Kini pintu ini banyak ditutup seiring dengan perubahan lokasi dan denah asrama yang berpindah-pindah lokasi kegunaan ruangan. Namun penempatan marmer peresmian asrama masih ada di sini, dimana pembangunan asrama dulunya dilaksanakan oleh N.V I.E.C di tahun 1958 dan diresmikan oleh Menteri Agama Mohammad Jasin dan disaksikan oleh Menteri Sosial yang menjabat di masa itu yaitu Bapak Muljadi Djojomartono di 22 Juni 1959. Foto-foto peresmian asrama bisa dilihat di ruang absen.


Tampak tulisan marmer ini sudah mulai dimakan usia sehingga tidak lagi bersinar warnanya…


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More